Gadget

[Gadget][bsummary]

Aplikasi dan Software

[Aplikasi dan Software][bsummary]

Tutorial

[Tutorial][bsummary]

Shaping Tools di CorelDRAW: Trim, Weld, dan Intersect

Tools ini merupakan tools yang sangat penting dalam CorelDRAW, karena dengan tools tersebut kita dapat membuat objek-objek baru yang sangat bervariatif sesuai keinginan kita.  Biasanya digunakan untuk membuat sebuah logo maupun gambar vektor.

Weld (Menggabungkan Objek)


Weld CorelDraw

Weld ini digunakan untuk menggabungkan beberapa objek, dan warna akan berubah sesuai dengan objek terakhir yang terpilih.

Contoh Weld CorelDraw

Hasil dua objek yang digabungkan menggunakan Weld, dalam contoh ini objek kotak (line hitam) adalah objek terakhir yang diselect, jadi objek yang terbentuk menjadi warna hitam.

Trim (Memotong Objek)


Trim CorelDraw

Trim digunakan untuk memotong objek yang menumpuk, yang bertindak pemotong (bisa ibaratkan gunting) adalah objek pertama/awal yang dipilih.

Contoh Trim CorelDraw

Dalam contoh ini yang objek lingkaran (line merah) saya select terlebih dahulu sehingga dia menjadi pemotong (gunting), sedangkan kotak (line hitam) adalah objek yang dipotong.

Intersect (Menciptakan Objek)


Intersect CorelDraw

Intersect digunakan untuk membuat objek baru dari area dimana dua atau lebih objek yang saling tumpah tindih (menumpuk).

Contoh Intersect CorelDraw

Objek berwarna biru adalah hasil dari intersect dari dua objek tersebut, sebenarnya warna asli bukan biru tapi mengkuti objek yang terakhir dipilih (select)

Demikian penjelasan singkat mengenai Weld, Trim, dan Intersect (shaping tools) yang sering saya gunakan untuk menggambar vektor di CorelRraw, masih ada beberapa shaping tools lainnya mungkin dibahas di postingan berikutnya.

dan akhirnya gw bilang WOW :D sekian. thanks

3 comments:

  1. Byuh... iki kudu dilanjut terus untuk yang vektor... :)

    ReplyDelete
  2. ditunggu vektorannya... :D

    ReplyDelete
  3. siiippp bgt infoe...
    btw cara postingnya gimana iki :(

    ReplyDelete